Selasa, 27 Desember 2011

Catatan Kuliah Dasar Pemasaran 5

          pengelolaan produk dan pengembangan produk baru
Arti produk bagi konsumen : segala sesuatu meliputi obyek fisik,jasa,tempat,organisasi,gagasan atau pribadi) yang dapat atau mampu ditawarkan produsen untuk diminta dicari,dibeli,digunakan atau dikonsumsi pasar sebagai pemenuhan kebutuhan dan keinginannya.
Konsep tentang barang dan jasa dalam pemasaran
Konsep tingkatan produk :
Produk Utama (Core Bonefit) : manfaat yang sebenarnya dibutuhkan dan akan dikonsumsi oleh pembeli dari setiap produk.
Produk Generik (Generic Product) : produk dasar yang mampu memenuhi secara fungsional minimal agar berfungsi) produk.
Produk Harapan : (Expected Product) : produk formal yang ditawarkan dengan berbagai atribut dan  kondisinya yang secara normal (layak) diharapkan dan disepakati dibeli.
Produk Pelengkap (augmented Product) : berbagai atribut produk yang dilengkapi atau ditambahkan berbagai manfaat sehingga memberikan tambahan kepuasan dan mampu dibedakan dengan produk pesaing.
Produk Potensial (Potential Product) : kondisi produk yang mempunyai peluang dan dipersiapkan untuk dikembangkan dimasa depan.
Pendekatan-pendekatan untuk menggolongkan produkd produk dibedakan menjadi 3 golongan taitu : Medium movin,Fast movin,Slow moving.
Strategi pemasaran produk konsumen dan produk industrial
-Menggunakan MERK yang terkenal dan mudah diingat.
-Pembungkusan
-Label
-Garansi
Produk Baru dapat dipandang dari sudut kepentingan produsen maupun pasar.baru bagi pasar belum tentu baru bagi produsen.
Pengendalian pengembangan produk
Proses penerimaan produk baru :
-Kesadaran
-Minat
-Evaluasi
-Coba
-Menerima
 SUMBER
Buku Dasar Pemasaran Teguh Budiarto universitas Gunadarma
http://indah2806.wordpress.com/2011/12/02/pengelolaan-produk-dan-pengembangan-produk-baru/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar