pengelolaan
produk dan pengembangan produk baru
Arti produk bagi konsumen : segala sesuatu meliputi obyek
fisik,jasa,tempat,organisasi,gagasan atau pribadi) yang dapat atau mampu
ditawarkan produsen untuk diminta dicari,dibeli,digunakan atau dikonsumsi pasar
sebagai pemenuhan kebutuhan dan keinginannya.
Konsep tentang barang dan jasa dalam pemasaran
Konsep tingkatan produk :
Produk Utama (Core Bonefit) : manfaat yang sebenarnya dibutuhkan dan akan
dikonsumsi oleh pembeli dari setiap produk.
Produk Generik (Generic Product) : produk dasar yang mampu memenuhi secara
fungsional minimal agar berfungsi) produk.
Produk Harapan : (Expected Product) : produk formal yang ditawarkan dengan
berbagai atribut dan kondisinya yang secara normal (layak) diharapkan dan
disepakati dibeli.
Produk Pelengkap (augmented Product) : berbagai atribut produk yang
dilengkapi atau ditambahkan berbagai manfaat sehingga memberikan tambahan
kepuasan dan mampu dibedakan dengan produk pesaing.
Produk Potensial (Potential Product) : kondisi produk yang mempunyai peluang
dan dipersiapkan untuk dikembangkan dimasa depan.
Pendekatan-pendekatan untuk menggolongkan produkd produk
dibedakan menjadi 3 golongan taitu : Medium movin,Fast movin,Slow moving.
Strategi pemasaran produk konsumen dan produk industrial
-Menggunakan MERK yang terkenal dan mudah diingat.
-Pembungkusan
-Label
-Garansi
Produk Baru dapat dipandang dari sudut kepentingan produsen
maupun pasar.baru bagi pasar belum tentu baru bagi produsen.
Pengendalian pengembangan produk
Proses penerimaan produk baru :
-Kesadaran
-Minat
-Evaluasi
-Coba
-Menerima
SUMBER
Buku Dasar Pemasaran Teguh Budiarto universitas Gunadarma
http://indah2806.wordpress.com/2011/12/02/pengelolaan-produk-dan-pengembangan-produk-baru/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar