Sabtu, 05 Oktober 2013

Segmentasi pasar dan analisis demografi


SEGMENTASI PASAR
Pengertian segmentasi pasar                                                                                             
Segmentasi pasar adalah pengelompokkan pasar menjadi kelompok-kelompok konsumen yang homogen, dimana tiap kelompok (bagian) dapat dpilih sebagai pasar yang dituju (ditargetkan) untuk pemasaran suatu produk. Agar segmentasi pasar atau pengelompokkan pasar dapat berjalan dengan efektif maka harus memenuhi syarat-syarat pengelompokkan pasar sebagai berikut :
1. Measurability, yaitu ciri-ciri atau sifat-sifat tertentu pembeli harus dapat diukur atau dapat didekati.
2. Accessibility, yaitu suatu keadaan dimana perusahaan dapat secara efektif memusatkan (mengarahkan) usaha pemasarannya pada segmen yang telah dipilih.
3. Substantiability, yaitu segmen pasar harus cukup besar atau cukup menguntungkan untuk dapat dipertimbangkan program-program pemasarannya.
3. Substantiability, yaitu segmen pasar harus cukup besar atau cukup menguntungkan untuk dapat dipertimbangkan program-program pemasarannya.

Basis segmentasi pasar konsumen :
1.Geografis (wilayah,pemukiman,perkotaan,dsb)
2.Demografis (usia,jenis kelamin,pendapatan,pendidikan,pekerjaan,,dsb)
3.Psikografis (sikap,motivasi,persepsi,dsb)
4.Kebiasaan (membeli dan mengkonsumsi)
kepuasan konsumen
Kepuasan konsumen terbagi menjadi 2 :
a. Kepuasan Fungsional, merupakan kepuasan yang diperoleh dari fungsi atau pemakaian suatu produk. Misal : karena makan membuat perut kita menjadi kenyang.
b. Kepuasan Psikologikal, merupakan kepuasan yang diperoleh dari atribut yang bersifat tidak berwujud. Misal : Perasaan bangga karena mendapat pelayanan
yang sangat istimewa dari sebuah rumah makan yang mewah .
SEGMENTASI PROFITABILITAS
1.Tingkatka Efisiensi Proses Produksi
Proses produksi yang efisien akan menghasilkan penghematan. Semakin berhemat, semakin rendah pula biaya produksi. Dengan semakin rendahnya biaya produksi, maka margin keuntungan juga samakin tinggi. Terapkan prinsip-prinsip “Total Quality Management” sistem produksi Anda untuk memangkas biaya-biaya yang tidak perlu.
2. Fokus Pada “Core Business” Terpenting Anda
Apakah Anda sudah mengetahui apa sebenarnya Core Business di mana Anda harus menfokuskan waktu, energi dan pikiran? Jika Anda melenceng pada hal-hal yang tidak penting, maka yang sedah Anda lakukan adalah pemborosan sumberdaya yang sangat berharga, yaitu waktu Anda.
3. Berdayakan Orang-orang Yang Berdedikasi Melalui Kepemimpinan
Manusia adalah sumberdaya terpenting dalam organisasi Anda. Semakin tinggi tingkat penghargaan Anda pada aspek manusia, semaking tinggi pula tingkat kemampuan untuk menciptakan keberhasilan organisasi. Dengan menerapkan prinsip-prinsip kepemimpinan organisasi yang efektif, Anda akan mampu membawa organisasi Anda ke level yang lebih tinggi dan dengan tingkat profitabilitas yang tinggi pula.
4. Pertajam Kecerdasan Organisasi
Apakah organisasi Anda merupakan organisasi yang cerdas? Semakin cerdas organisasi, semakin tinggi pula kemampuan organisasi Anda dalam menavigasikan diri ke arah masa depan yang lebih baik. Seberapa sering Anda memberikan pelatihan-pelatihan berkualitas bagi para karyawan untuk mempertajam kemampuan mereka dalam mengelola organisasi secara lebih profesional. Semakin cerdas organisasi, semakin tinggi tingkat profitabilitas perusahaan Anda.
5. Kompensasi Yang Sesuai
Manusia ingin dihargai. Jika Anda membayar lebih rendah dibandingkan kemampuan dan usaha yang sudah mereka berikan bagi organisasi Anda, mereka akan merasa dirugikan. Jika mereka merasa dirugikan, maka sebaiknya Anda jangan berharap mereka akan memberikan yang terbaik bagi organisasi Anda. Jika kita melihat negara-negara yang sistem ekonominya telah maju, kita melihat bahwa sistem kompensasi yang diterapkan merefleksikan kinerja.
PENGGUNAAN SEGMENTASI DALAM STRATEGI PEMASARAN
Nama : Ace Hardware Indonesia Tbk
Performance Profile
Kode : ACES
 Alamat Kantor : Gedung Kawan Lama Lantai 5 Jl. Puri Kencana No. 1 Meruya Kembangan Jakarta 11610           Alamat Email : toto@acehardware.co.id
 No.Telepon : 021 - 5822222
 Faks : 021 - 5824022
 NPWP : 01.721.123.6-054.000
 NPKP : -
 Situs : www.acehardware.co.id
 Tanggal IPO : 06-Nop-2007
 Papan : Utama
 Bidang Usaha Utama :Perdagangan
 Sektor : TRADE, SERVICES & INVESTMENT
 Sub Sektor : RETAIL TRADE
 Biro Administrasi Efek : PT Adimitra Transferindo

Strategi pemasaran pt Ace hardware Indonesia tbk
PT Ace Hardware Indonesia, Tbk. (ACES) adalah perusahaan publik yang bergerak dalam bidang ritel home improvement dan gaya hidup, di mana mayoritas sahamnya dipegang Grup Kawan Lama. Didirikan tahun 1995, ACES mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2007. Saat ini ACES memiliki 78 gerai yang berlokasi di 24 kota di Indonesia. Untuk memperluas cakupan usaha dan mengoptimalkan traffic konsumen ke gerai-gerainya, di tahun 2010 lalu, ACES merambah bisnis mainan anak-anak melalui anak perusahaannya. Dengan nama Toys Kingdom, saat ini ACES memiliki 16 gerai mainan yang berlokasi di Jakarta, Banten, Bekasi, Surabaya, Semarang, Solo dan Medan.
SUMBER :
 Budiarto,Teguh (1993).Dasar pemasaran.jakarta:Universitas gunadarma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar